Friday, March 07, 2014

PENGARUH LAGU BAGI PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK



Pengaruh Lagu bagi perkembangan Psikologi Anak

Perkembangan Psikologi Anak
Lagu sagat berpengaruh bagi perkembangan psikologi anak, karena anak akan lebih mudah menyerap dan memahami lingkungan mereka dalam keadaan bermain dan bernyanyi. Sebelum kita membahas mengenai pengaruh lagu bagi perkembangan psikologi anak, terlebih dahulu kita mesti ketahui proses perkembangan psikologi anak.

Tahap Perkembangan Psikologi Anak

Pertama, pada usia lahir (1 bulan)  – 1 tahun. Pada usia ini anak belum mengenal kondisi lingkungan selain daripada orang tuanya. Anak cenderung mengenal orang tua dengan menggunakan indera menyentuh dan melihat. Anak akan bertanya-tanya dan berusaha mengenal lingkungan keluarganya dan keinginan untuk terus bersama orang tua sangat tinggi. Orang tua yang lebih sering mendekap, menggendong bahkan menyusui anak akan memberikan rasa aman bagi bayi yang berdampak pada perkembangan psikologi anak. rasa aman ini akan membuat anak melupakan hal-hal yang berkutak pada sekelilingnya dan berusaha memikirkan hal-hal baru.
Kedua, pada usia 2-3 tahun. Pada usia ini anak mulai aktif untuk mengenal lingkungannya, rasa ingin tahunya untuk hal-hal baru sangat tinggi. Pada usia ini anak cenderung lebih sering bermain dan melakukan hal-hal yang dilihat atau dicontoh dari orang dewasa. Perkembangan mental dan psikologi anak pada masa ini sangat rentan, olehnya orang tua harus membiarkan anaknya untuk melakukan apa saja tetapi tetap dalam pengawasan secara tidak langsung,  jangan biasakan melarang dan membentak anak karena pada usia ini merupakan akan menghambat proses pembentukan mental anak.
Ketiga, pada usia 4-6 tahun. Pada usia ini anak mulai mengenal lingkungan melalui media gambar dan kata-kata. Perkembangan psikologi anak pada masa ini merupakan yang paling signifikan, dimana masa ini merupakan awal pembentukan daya nalar(logika) anak. Anak mulai mengenal arti lingkungannya, mengenal teman bermain, membatasi atau bertindak spontan, menimbang-nimbang perbuatan hingga mulai berimajinasi mengenai lingkungannya, yang akan membentuk rasa percaya diri pada anak.

Pengaruh Lagu terhadap Psikologi Anak

Lagu yang baik untuk perkembangan psikologi anak tentunya lagu anak-anak. Pada masa perkembangan daya nalar anak, cenderung lebih memilih belajar sambil bermain dan atau bernyanyi, dimana lagu akan mengembangkan representasi mental dan motorik anak karena melalui lagu anak akan bernyanyi dan bergerak. Selain itu, anak akan cenderung lebih cepat mencerna isi daripada lagu, memahami dan membentuk imajinasi mereka akan kondisi lingkungan sesuai alur dari pada lagu. Olehnya, selain keindahan musik dan lagunya, isi lagu pun sangat berperan dalam pembentukan psikologi anak.
Namun, pada kondisi sekarang, kita lihat di media televisi lagu yang dominan adalah lagu dewasa, hampir tidak pernah muncul tayangan mengenai lagu anak-anak. Dominasi lagu dewasa ini pada media akan berdampak pada perkembangan psikologi anak, dimana anak akan senantiasa mencerna dan mencontoh lagu dewasa tersebut. Dewasa ini, Lagu dewasa mayoritas berisi tentang percintaan, perselingkuhan, patah hati dan lain lain yang bilamana dicerna oleh anak-anak akan memberikan dampak atau kesan terseret dalam imajinasi kehidupan orang dewasa. Tentu hal ini sangat memprihatinkan, ditambah media tidak memiliki kontrol terhadap intensitas penayangan lagu dewasa bahkan pemerintah seakan membiarkan media untuk menayangkan kapanpun dan sesering mungkin tanpa memberikan ruang kepada lagu anak untuk dipertontonkan.
Oleh karena itu, dituntut peran aktif orang tua untuk membimbing anak-anak dirumah, dan berusaha menyajikan lagu anak-anak. Lagu anak-anak jaman sekarang memang hampir tak ada lagi, namun orang tua masih bisa menemukan lagu anak-anak jaman dulu yang kualitasnya memang dapat membangun perkembangan psikologi anak. Lagu anak jaman dulu banyak yang berisi tentang penanaman moral, pengenalan dasar-dasar pelajaran, lingkungan hinggan pemberian logika dasar yang cocok untuk perkembangan psikologi anak.

Bagi para orang tua yang kesulitan menemukan lagu anak-anak, saya sediakan linknya di bawah ini:
Kumpulan lagu anak-anak di atas sangat bermanfaat untuk perkembangan psikologi anak. 

Demikian tulisan mengenai pengaruh lagu bagi perkembangan psikologi anak ini, marilah sama-sama mengawasi dan membantu proses tumbuh kembang psikologi anak, karena perkembangan psikologi anak rentan pada usia dini dan sangat berdampak pada kehidupannya di masa akan datang.
Salam.

6 comments:

  1. Tulisannya bagus nih
    Lagu bagian dari musik yang sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan psikologi anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbak Tri, Lagu di sini memiliki peran positif dan negatif dalam perkembangan psikologi anak,
      seharusnya anak-anak tetap mengkonsumsi lagu anak-anak, namun sekarang ini, lagu dewasa mendominasi setiap tayangan di media. ini akan berdampak negatif pada perkembangan psikologi anak,.

      Delete
  2. Sepakat, media seharusnya memberikan ruang kepada lagu anak untuk dipertontonkan, kasihan anak-anak, pembentukan mental dan karakter mereka terhambat akibat terkontaminasi oleh lagu dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, media seharusnya memperhatikan dampak dari lagu dewasa terhadap psikologi anak di masa mendatang, seperti kita ketahui anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan mengambil alih proses pemerintahan dan kontrol di masa depan. mental, moral dan psikologi mereka harus dibangun dari sekarang.

      Delete
  3. Betul itu mas, tayangan televisi sekarang tidak ada tuh lagu anak, yang ada kompetisi lagu dewasa melulu, jadinya anak kurang mengenal lagu anak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagu anak kurang menguntungkan bagi pemilik modal industri musik, hal ini lah yang menyebabkan lagu anak jarang dipertontonkan. mereka lebih mementingkan pasar di banding perkembangan psikologi anak. sungguh memprihatinkan.

      Delete