Friday, May 09, 2014

OBAT BATUK BERDAHAK UNTUK ANAK

Batuk Berdahak Pada Anak
Obat Batuk Berdahak untuk Anak dan Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Anak

Obat Batuk Berdahak
Pernah kah anda mendapati tiba tiba anak batuk berdahak pada malam ketika tertidur lelap, kemudian anak terbangun dan susah tidur kembali karena terganggu oleh batuk, tak lama kemudian anak tiba-tiba demam dan kesulitan untuk bernafas. Sungguh batuk berdahak anak sangat mengganggu dan membuat resah para orang tua. Apa yang mesti orang tua perbuat untuk mengatasi batuk berdahak pada anak dan apa obat batuk berdahak untuk anak yang baik.

Pada tulisan ini saya akan membagi info kepada para orang tua mengenai obat batuk berdahak untuk anak serta cara mengatasi batuk berdahak pada anak.

Batuk berdahak pada anak harus segera diobati karena bilamana dibiarkan akan menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan semakin parah. Selain itu, dahak yang mengental dalam tenggorokan akan menyumbat saluran pernafasan dan membuat anak semakin menderita. Obat batuk berdahak untuk anak yang diberikan tentunya harus yang mampu mengencerkan dahak (expectorant) sehingga dahak bisa dikeluarkan dengan mudah. Selain itu, batuk berdahak pada anak disebabkan karena infeksi virus bisa diobati dengan antibiotik dan obat anti jamur yang penggunaannya tentu harus sesuai dengan rekomendasi dokter.

Saya sarankan memberikan obat batuk berdahak untuk anak berupa ramuan obat tradisional yang jauh lebih baik dibandingkan obat batuk berdahak atau obat flu yang anda beli di apotik karena akan berdampak buruk pada anak dengan resiko efek samping yang berbahaya dikemudian hari.

Adapun ramuan obat batuk berdahak untuk anak anda adalah sebagai berikut :

Ambil dua sendok makan perasan air jeruk nipis, tambahkan dengan empat sendok makan madu asli kemudian campur dengan lima sendok makan air matang yang dingin, aduk merata dan hangatkan setelah itu, diamkan beberapa saat hingga terasa hangat-hangat kuku. Berikan obat batuk berdahak tersebut kepada anak satu sendok makan dengan dosis empat kali sehari.

Obat tradisional di atas sangat efektif untuk meredakan batuk berdahak pada anak dan mengurangi sakit tenggorokan yang diderita oleh anak tetapi tidak boleh diberikan kepada bayi dibawah satu tahun. Selain itu, dibawah ini obat batuk berdahak untuk anak yang juga terkenal manjur untuk mengencerkan kemudian mengeluarkan dahak pada anak yaitu :

Daun Pare Obat Batuk Berdahak
Daun pare, cara meramunya yaitu, ambillah 7 (tujuh) lembar daun pare segar lalu cucilah hingga bersih. Seduh ke 7 (tujuh) daun tersebut dengan air panas, lalu peras dan saring air tersebut, minumkan sebanyak mungkin hasil perasan daun pare tersebut 2 (dua) kali sehari hingga batuk berdahak anak sembuh. Obat batuk berdahak air perasan daun pare ini sangat cocok untuk anak anak dan dewasa.

Kemungkinan anak akan susah meminum obat batuk hasil perasan daun pare tersebut karena rasanya yang begitu pahit, namun sebaiknya di paksakan untuk minum karena air perasan daun pare akan mengeluarkan semua dahak yang menempel ditenggorokan sehingga rongga tenggorokan akan bersih dan menyegarkan pernafasan anak serta menyembuhkan batuk berdahak pada anak.

Itulah 2 (dua) ramuan obat batuk berdahak untuk anak saya bagikan untuk anda, obat tradisonal di atas aman dikonsumsi oleh anak dan sangat efektif mengobati batuk berdahak pada anak serta tanpa efek samping di kemudian hari.

Batuk berdahak yang diderita oleh anak biasa disebut dengan batuk infeksi. Batuk berdahak disebabkan adanya infeksi bakteri dan virus, seperti influensa, campak, tuberculosa. Batuk berdahak pada anak biasanya disertai gejala demam, pilek, bersin-bersin, otot kaku, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan.

Oleh karena itu, pada sebagian besar anak yang mengalami batuk berdahak akan mengalami penurunan nafsu makan dan apabila dipaksa makan dan menelan makan tersebut, anak akan meresa kesakitan di bagian tenggorokan. Untuk mengobati sakit tenggorokan tersebut, usahakan berikan sesendok madu kepada anak sebelum tidur, karena madu bermanfaat untuk melapisi tenggorokan dan mengurangi rasa sakit .

Perhatian : Hanya anak usia 1 (satu) tahun ke atas yang dapat diberikan madu karena madu dapat menyebabkan botulism pada anak atau bayi yang berusia di bawah satu tahun, botulism adalah sebuah penyakit yang dapat mengancam jiwa anak/bayi.

Selama anak menderita sakit batuk berdahak di usahakan memberikan minum yang banyak, bilamana anak malas mau minum, anda bisa mengatasi dengan memberikan jus atau teh yang juga bisa menyegarkan tenggorokan. Sebaiknya jangan memberikan gorengan, minuman dingin serta makanan yang manis-manis seperti permen dan coklat karena akan menghambat proses penyembuhan batuk berdahak pada anak dan penyembuhan sakit tenggorokan yang diderita anak.

 Penyebab Batuk berdahak dan lendir pada anak

Batuk yang disertai dengan lendir atau dahak (sputum), biasa disebut batuk produktif,  biasanya merupakan tanda bahwa infeksi telah berkembang di paru-paru. Batuk berdahak atau lendir dapat disebabkan oleh berbagai hal dan termasuk flu biasa, alergi, iritasi yang disebabkan oleh rokok, debu, bulu hewan peliharaan , asap kimia, gastro esophageal reflux atau infeksi bakteri atau virus di paru-paru seperti bronkitis akut, pneumonia, batuk rejan, serta penularan batuk. Lendir atau dahak sering bervariasi dalam konsistensi dan warna mulai dari kuning, hijau, coklat, abu-abu atau bahkan mungkin mengandung darah.

Batuk berdahak dan lendir biasanya terjadi di pagi hari. Jika batuk lendir dan berdahak yang berlangsung secara terus menerus serta gejala mual-mual muncul, usahakan konsultasikan dengan dokter Anda. Berdasarkan gejala batuk anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik serta tes diagnostik tertentu, seperti x-ray dada, tes darah, pemeriksaan dahak, EKG dan CT. Tes dilakukan untuk menganalisa dan mengantisipasi penyakit serius seperti TBC atau kanker, paru-paru sehingga bilamana gejala muncul, dokter dapat segera memberikan solusi mengenai obat yang tepat terhadap penyakit tersebut.

Demikian tulisan mengenai obat batuk berdahak untuk anak ini semoga bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak pada anak anda. Bilamana ada keluhan, saran dan masukan mengenai obat batuk berdahak untuk anak serta cara cara mengatasi batuk berdahak pada anak, mohon infonya dibagi di forum komentar agar bisa bermanfaat bagi kita semua.

37 comments:

  1. Saya sudah coba ramuan obat batuk berdahaknya, ramuan air perasan daun pare sangat efektif mengeluarkan dahak, lendir-lendirnya langsung encer mengalir keluar dari hidung, dan anak saya yang tadinya kalau sudah jam 3 dini hari biasanya batuknya muncul dan parah hingga bangun nangis dan susah tidur kembali gara-gara pernafasannya terganggu, tapi setelah minum ramuan daun pare berangsur-angsur batuknya berkurang dan dalam dua hari tidak batuk lagi.
    Makasih tulisannya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas aditya, puji syukur atas manfaat yang telah kita dapatkan.
      tulisan ini juga berdasarkan pengalaman pribadi atas manfaat yang telah saya dapatkan dari daun pare yang betul betul drastis menyembuhkan batuk berdahak anak saya. obat tradisional seperti daun pare memang sangat manjur untuk mengobati batuk berdahak pada anak, selain mudah didapatkan, obat ini juga tidak memiliki efek samping pada anak.

      Delete
    2. Wkt dikasih minu perasan parex ankx muntah g ? Soalx ank sy , sy kasih kok tertelan biasa j n g ada muntahx ya ,apa lndir ttp bs kluar y? Usia ank sy 1,5 th

      Delete
    3. Wkt dikasih minu perasan parex ankx muntah g ? Soalx ank sy , sy kasih kok tertelan biasa j n g ada muntahx ya ,apa lndir ttp bs kluar y? Usia ank sy 1,5 th

      Delete
    4. Wkt dikasih minu perasan parex ankx muntah g ? Soalx ank sy , sy kasih kok tertelan biasa j n g ada muntahx ya ,apa lndir ttp bs kluar y? Usia ank sy 1,5 th

      Delete
    5. terimakasih kak informasinya sangat membantu, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2noIUOl

      Delete
  2. AnonymousMay 22, 2014

    Makasih tulisannya, sangat membantu mengobati batuk anak, apalagi ramuan daun parenya, sangat berkhasiat.

    ReplyDelete
  3. sama sama mas, ramuan daun pare memang sangat mujarab untuk menyembuhkan batuk berdahak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah bisa di berikan pada
      Bayi umur 3 bulan

      Delete
  4. obat batuk alami dan tradisional memang pantas untuk dijadikan alternatif sakit anak batuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan obat batuk tradisional dijadikan pengobatan utama dalam penyembuhan batuk berdahak pada anak karena disamping terjangkau juga tdak memiliki efek samping..

      Delete
  5. tipsnya saya coba untuk keponakan saya. kebetulan dy lagi batuk. moga cepet sembuh saja.

    ReplyDelete
  6. klo di sertai demam obatnya apa pak ?

    ReplyDelete
  7. air perasan daun pare bisa diberikan untuk bayi 7,5 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, baru balas mas/mbak, jangan berikan pada bayi, air perasan daun pare sifatnya keras dan berbahaya buat bayi,.

      Delete
  8. Mantab bro,nanti saya coba deh insya allah sembuh amin

    ReplyDelete
  9. Daun pare untuk anak 1,8 bulan bisa??

    ReplyDelete
  10. anak saya umur 12bulan lebih 2 minggu,anak saya sakit batuk pilek susah tidur sudah 1 minggu apa obat nya ini mampuh untuk anak saya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera ke dokter bund kalau sudah seminggu..kasian kalau dibiarkan saja..takutnya makin parah

      Delete
    2. segera ke dokter bund kalau sudah seminggu..kasian kalau dibiarkan saja..takutnya makin parah

      Delete
  11. Daun pare carinya dmn ya bun..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Bunda Dewi baru sempat balas, coba cari di sekitar rumah, tumbuhan ini merambat, buahnya panjang dan runcing dan permukaannya bergerigi halus kalau di masak rasanya pahit tapi banyak yang suka. Atau coba minta sama tetangga, semoga saja ada yang tanam, pare biasa juga disebut paria.

      Delete
  12. Klo utk anak yg punya pjb gmna, boleh ga pke ramuan tsb???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas Aji, saya kurang paham mengenai PJB, coba konsultasi dulu ke ahli Jantung, mudah mudahan obat batuk tradisional ini tidak ada efeknya ke PJB. Maaf baru sempat balas.

      Delete
    2. Bisa buat anak umur 16 bulan ga ya ramuan parenya? Makasih

      Delete
    3. Bisa buat anak umur 16 bulan ga ya ramuan parenya? Makasih

      Delete
  13. Anak saya berumur setahun kurang 9 hari.kemarn bru dr dkter dan dkter blg anak saya btuk nya btuk alergi yg mebyebab kan sesak/geljla asma.pdhl dikeluarga tdk ada yg pnya asma.apa ramuan pare trsebut bs untk mengobatinya.terima kasih sebelum nya

    ReplyDelete
  14. Anak saya umur 45 hari..bisa pake ramuan pare ini???mohon infonya

    ReplyDelete
  15. anak saya umur 3 bulan. Dalam keluarga saya perasan daun pare bisa membersihkan dahak atau kotoran yg dr lahir selalu bunyi kalau nafas palgi kl tiduf seperti org sesak. Setelah di bawa ke dokter tp tdk di beri obat melainkan katanya sering di jemur tiap pagi.sedangkan saya ingin memberi perasan daun pare tp takut knp2 karna kebetulan saya merantau dan jauh dr keluarga. Kira2 mennurt mas bisa gak bayi umur 3 bulan di beri daun pare?

    ReplyDelete
  16. Share aja: anak saya sangat cocok dengan perasan daun pare ini jika terserang batuk berdahak. saat usia 1 thn-an sdh saya coba.

    ReplyDelete
  17. Anak umur 6 bulan apa bisa untuk Ramuan pare?

    ReplyDelete
  18. Saya sudah coba anak saya ber umur 11 bulan saya coba kasih perasan daun pare ternyata cocok yang tadi nya g mau makan karna susah bernafas dan batuk terus setelah saya kasih perasan daun pare siang nya anak saya sudah mau makan lg.

    ReplyDelete
  19. Cocok ngga untuk bayi. Umur 7 bulan?

    ReplyDelete
  20. Apa boleh bayi umur enam bulan di berih perasaan daun Paria sama bawang merah

    ReplyDelete
  21. Kebetulan saya di rumah menanam pohon pare dlm pot, terimakasih infonya ternyata daun & buah pare banyak manfaat utk kesehatan👍👍👍

    ReplyDelete
  22. Anak sya 9blan,boleh dikasih perasan daun paria nggak?? Krna batuknya berlendir dan sangat menyiksa

    ReplyDelete
  23. Apakah anak umur 1 tahun 4 bulan... Udah bisa di kasi rebusan daun pare

    ReplyDelete