Sunday, February 23, 2014

BAHAYA SUSU KENTAL MANIS BAGI ANAK BALITA


Bahaya Susu Kental Manis Bagi Anak Balita

Air Susu Ibu (ASI)
Banyak anak balita di sekitar kita kurang merasakan air susu ibu, karena kondisi kesibukan sang bunda, maka harus merelakan buah hatinya minum susu dari bodol (dot). Dengan alasan kesibukan inilah maka para kaum Ibu mengganti pemberian Air Susu Ibu (ASI) dengan Susu Formula untuk pemberian susu sehari-hari kepada anak mereka. Susu formula pada pasaran sangat beragam, mulai merek hingga harganya terbilang mahal untuk kalangan menengah ke bawah.
Orang tua pada dasarnya akan memberikan yang terbaik pada anaknya, terutama pemberian susu untuk minum sehari-hari,  orang tua akan berusaha memberikan susu yang memiliki asupan gizi tinggi serta aman dikonsumsi oleh buah hatinya. Namun terkadang pada masa prekonomian keluarga lagi menurun, dengan alasan lebih ekonomis, orang tua menyajikan susu kental manis kepada buah hatinya.
Namun secara tidak sadar, tindakan pemberian susu kental manis kepada anak untuk konsumsi susu sehari-harinya sangat ber bahaya dan dapat menimbulkan efek jangka pendek dan jangka panjang terhadap kesehatan anak. Kebanyakan para orang tua tidak mengetahui bahaya yang ditimbulkan susu kental manis terhadap anak karena susu kental manis tersebut memiliki asupan gizi yang tinggi.
Pada dasarnya, susu kental manis memiliki kandungan gizi yang tinggi tetapi yang berguna bagi anak di atas lima tahun dan orang dewasa. Rata-rata susu kental manis mengantung lemak jenuh, proten, karbohidrat, gula, natrium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin D3, niassin, vitamin B6, Vitamin E, kalsium fosfor dan kolin yang sangat tinggi, tetapi kandungan gizi tersebut sangat cocok untuk anak di atas lima tahun dan orang dewasa dan sebaliknya sangat ber bahaya bagi anak balita.
Menurut Hasnia Suriadi dalam seminar Bahaya Susu Kental Manis terhadap Anak Balita menjelaskan bahwa Susu kental manis sangat berbahaya bagi anak karena memiliki kandungan gula dan lemak yang sangat tinggi sehingga berpotensi pada penyakit gula dan obesitas.
Bahaya susu kental manis bagi anak balita dalam jangka pendek, kira-kira kurang lebih 7 (tujuh)  hari setelah konsumsi susu kental manis, anak balita akan mengalami batuk. Batuk ini timbul pada saat anak akan tidur, hal ini disebabkan karena kandungan lemak dan gula pada susu kental manis meninggalkan lendir pada tenggorokan anak, sehingga menggangu saluran pernafasan anak. Untuk memperlacar saluran pernafasan, secara alami anak akan batuk untuk mendorong sumbatan lendir-lendir pada tenggorokan.
Secara jangka panjang, bahaya susu kental manis terhadap anak balita yaitu akan menyebabkan potensi penyakit gula serta obesitas, menyebabkan oksidan secara bertahap yang akan melemahkan daya tahan tubuh anak sehingga akan mudah diserang penyakit pada dewasa kelak.
Demikian paparan singkat mengenai bahaya susu kental manis bagi anak balita, semoga bermanfaat bagi pembaca. Beritahulah teman, tetangga dan keluarga mengenai bahaya susu kental manis ini terhadap anak balita, agar tumbuh kembang anak tidak terganggu.

31 comments:

  1. Mungkin sebaiknya kalau untuk anak anak baiknya minum susu asli dari ibunya jangan sampai di kasih susu bermerek, kecuali kalo udah dapet umur 2 atau 3 tahun,,
    Bukan begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas irfan,. Air Susu Ibu adalah nutrisi terbaik dan terlengkap untuk anak.
      Secara umum, umur 2 tahun adalah batas pemberian ASI bagi anak, disebabkan tingkat kebutuhan kalori yang tinggi sudah tidak tersuplai lagi dari ASI, melainkan sudah harus diberikan makanan pokok.

      Delete
    2. Anak ku minum susu sgm malah mencrettt yg lain jga sma aku bingung

      Delete
  2. Betul banget tuh, jangan suguhkan susu kental manis bagi anak.
    Makasih, artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Dwixs Ashter TegaJune 09, 2014

    Makasih atas informasi nya


    #Salam_Persaudaraan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Dwixs, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua,.
      Salam Persaudaraan,.

      Delete
  4. Mas mau tanya anakku sdh 2thun n sdh lulus ASI.nah skrg pake susu laen.alhamdulillah mnum susu g susah dan g gila mnum susu jg.sehari 300-400ml lah.q pake uht,krna q cari tau bagus.kdg uht ultra.kdg indomilk.trus kdg klo q mnum kental manis dy jg q kasih..tp kdg susu murni nasional pasteurisasi yg keliling itu,kdg milo jg mau.SGM jg pernah nah..apakah klo susu macam2 gtu g apa2 ama anak saya?atau harus 1 jenis susu?atau harus susu ky bebelac/nutrilon/dll ituu? Alhamdulillah selama ini blm ada keluhan sakit,diare..dah mnum susu laen sejak 1,5 thun tp g tiap hari,karna masih asi.makasih..sekiranya bs djawab..hehehe...matur nuwun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Chita, sekiranya mbak konsultasi ke dokter anak, minum susu macam macam gitu biasanya mempengaruhi penyerapan nutrisi akibat kandungan gizi yang berbeda beda pada tiap susu,. yang jelasnya, penjelasan dokter anak lebih meyakinkan. menurut saya, walaupun dalam 6 bulan terakhir belum ada efeknya, tapi takutnya dalam efek 1-2 tahun bisa saja muncul mbak, seperti pengentalan lendir yang membuat anak batuk batuk,. sebaiknya konsultasi ke dokter mbak untuk menghindari efek yang berbahaya,.

      Delete
  5. banyak juga bahayanya ya kawan?
    ternyata susu formula memang lebih tepat sesuai dengan umuur bayi kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mas/mbak, harus sesuaikan dengan usia bayi mas/mbak..

      Delete
    2. Mbak anak sya umur 2 tahun....bolehkah minum skm?mksih

      Delete
  6. terimakasih imponya :D semoga anda mendapat banyak kebaikan.

    ReplyDelete
  7. Sama sama, Moga kita semua mendapat banyak amal kebaikan,.

    ReplyDelete
  8. Lw susu bendera kaleng gold cocok ga y buat anak 2 tahun ??..

    Mohon penjelasan'y..

    Maksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak cocok mas, susu bendera kaleng gold bisa dikonsumsi oleh anak di atas lima tahun, kalau di suguhkan ke anak 2 tahun pasti dia suka karena rasanya yang lebih manis dari Asi maupun susu formula, tetapi untuk kandungan gizinya tidak diperuntukkan untuk mereka. silahkan baca dampaknya di atas mas,.

      Delete
  9. mau tanya mba, bolehkah anak 3 tahun 2 bulan minum susu 4-6 tahun

    ReplyDelete
  10. hanya berbahaya tapi tidak sampai menyebabkan kematian yah?

    ReplyDelete
  11. boleh nggak sih di mnum low susu kental manis udah lewat dari 3jam

    ReplyDelete
  12. Trimsss....infonya sngt bermanfaat

    ReplyDelete
  13. bebahaya adalah kata yang tidak baik dan mungkin bikin takut. seberapa besar atau kecilnya risiko yang didapat. kalau ada kata bebahaya pastilah kalian langsung bertindak dengan kata jangan. so kasih lah nutrisi atau susu yang pantas untuk buah hati... makasih ya artikelnya.

    ReplyDelete
  14. Mau tanya nih kalo susu pasteurisasi yang keliling itu bahaya enggak sih anakku umur 3 taun 11 bulan doyann banget susu itu sehari bisa 4 gelas lo

    ReplyDelete
  15. Klo untuk anak 2 thun ke atas bgmn...?

    ReplyDelete
  16. kalo untuk anak 15bulan baiknya minum susu formula apa ya. karena tidak minum asi. jd bingung.

    ReplyDelete
  17. Apa aja tergantung cocok anak nya mba,asal jgn ssu kental manis.. klo ank ku mnm sgm dr awal lahir mnm asi+sufor.. alhmdllh ccok n pkmbngan ny cpt bgt,9bulan sudah jln.. hihii ga ngaruh sm susu nya sih mgkn emank pkmbngan ank ny aja yg cpt..

    ReplyDelete
  18. Anak saya umur 2thn kurang, dia udah lama aku kasih susu kental manis gold, tp saat saya mau ganti susu biasa anak balita dia udah gak mau bahkan muntah atau gak doyan. Mohon utk saran atau tips cara agar anak suka susu balita ya mba. Tq

    ReplyDelete
  19. mbak mw nanya nih, anak saya udah 2 tahun lebih n udah saya lepas ASI, tp dy g' mw mkan nasi, dy hanya mw susu saja. tapi, d kasih susu formula anak saya malah diare n d kasih susu kental manis anak saya g' apa2. gmana y mbak?
    semua merk susu formula g'ad yg cocok.
    mohon info nya mbak.

    ReplyDelete
  20. Mbak saya mau tanya anak sya smnjak lpas dari asi saya kasih susu lain.dari susu sgm.formula dan smua merk susu dia tdk mau ia hanya mau konsumsi susu merk cap enak. Sya sbagi orang tua aga hawatir karna di kandungan susu trsbut bnyak gula dan lemak nyaa...mohon pencerahan nya mbak

    ReplyDelete
  21. Mba anak saya umur 3 tahun boleh gak ya di kasih susu fres flag gold kaleng.

    ReplyDelete
  22. Ass..Mba anak saya skrg sudah berumur 4thn jalan ni..awalna anakku minum sufor dancow tu..tp nafsu makan kurang nah skrg dicoba minum susu kaleng bendera ni baru berjalan 1 bln.tp smenjak saya baca artikel tentang kemurnian susu bendera itu palsu n membaca artikel mba saya jdi takut..tp ank saya suka minum susu bendera ini mba..kiranya tindakan apa yg harus saya lakukan...trimaksh

    ReplyDelete