Wednesday, February 19, 2014

10 MAKANAN YANG BAIK UNTUK PERTUMBUHAN ANAK

Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Anak



Makanan yang baik untuk pertumbuhan anak
Usia anak 18 bulan atau satu setengah tahun merupakan masa-masa perkembangan dan pertumbuhan anak. Pada masa ini anak biasanya sudah mulai konsumsi makanan tambahan selain dari pada ASI. Namun, orang tua mesti lebih jeli memilih makanan yang cocok untuk perkembangan tubuh anak, karena tidak semua makanan cocok atau baik dan bisa dikonsumsi oleh anak. Selain itu, mesti diperhatikan kandungan gizi dari pada makanan yang akan disuguhkan ke anak kita.
Perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak yang baik tergantung dari asupan gizi yang diberikan, olehnya para orang tua dituntut untuk mengetahui makanan yang baik untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak.
Sangat disarankan untuk memberikan 10 jenis makan dibawah ini yang sangat baik serta dibutuhkan oleh perkembangan dan pertumbuhan anak :
1.       Asam Lemak Omega 3
Pada proses tumbuh kembang anak, asam lemak sangat baik serta dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak. Dengan mengkonsumsi asam lemak omega 3 akan lebih mempertajam dan menambah daya ingat pada anak dan akan lebih cerdas dibandingkan anak yang kekurangan zat asam lemak omega 3.
Asam Lemak Omega 3 banyak terkandung pada : Ikan terutama  ikan Tuna dan Salmon, mentega dan kacang merah.
Dan sangat dianjurkan mengkonsumsi lemak pada bagian belakang mata ikan karena pada bagian ini, kaya akan asam lemak omega 3.
2.       Zat Besi
Zat besi merupakan zat mineral yang dibutuhkan tubuh anak sebagai sumber energi yang akan memberikan kekebalan tubuh atau meningkatkan daya tahan tubuh serta penopang kecerdasan anak.
Zat besi banyak terkandung pada : Daging, kacang, kedelai dan jeruk.
3.       Karbohidrat dan Protein
Karbohidrat dan protein merupakan sumber energi tertinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika asupan karbohidrat berkurang kedalam tubuh maka otomatis tubuh akan menyerap protein sebagai pengganti karbohidrat. Olehnya zat ini harus dipenuhi untuk meningkatkan asupan gizi anak.
Karbohidrat dan protein banyak terkandung dalam : Roti, jagung, kacang-kacangan.
4.       Kalsium
Kalsium merupakan zat pembentuk tulang dan gigi bagi anak, kekurangan zat kalsium akan mengakibatkan perkembangan dan pertumbuhan anak terhambat sehingga fostur tubuh anak akan lebih kecil dibanding anak lainnya. Oleh karena itu kalsium sangat baik dan diutamakan bagi anak dalam proses pertumbuhan.
Kalsium banyak terkandung dalam : Keju, oatmeal, kacang kedelai, susu, susu kedelai dan yogurt.
5.       Anti Oksidan
Anti oksidan merupakan penangkal tubuh berupa vitamin, enzim dan mineral radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh anak dapat  muncul secara sadar baik tidak sadar berdasarkan pola konsumsi makanan yang salah serta kondisi lingkungan yang tidak baik. Seperti makanan yang mengandung pengawet atau formalin, asap rokok, berjemur di bawah sinar matahari, serta tekanan psikologis anak.
Anti Oksidan banyak terkandung dalam : Sayur-sayuran, buah-buahan, manggis, tomat, anggur, taoge, labu, wortel dan bayam.
6.       Vitamin A
Vitamin A merupakan kebutuhan zat untuk pertumbuhan anak terutama untuk mata.
Vitamin A banyak terkandung dalam : Pisang,Apel, Labu, Tomat dan ubu jalar.
7.       Vitamin B
Vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh anak untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, menjaga kelembaban kulit, melancarkan pencernaan serta menambah nafsu makan anak.
Vitamin B banyak terkandung dalam : Kepiting, Udang, kerang, gandum, alpukat, susu dan yogurt.
8.       Vitamin C
Vitamin C sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk penangkal penyakit. Selain itu Vitamin C sangat dibutuhkan untuk tetap mejaga kelenturan kulit serta sebagai antioksidan pada kulit. Vitamin C juga sangat membantu dalam proses pembentukan DNA kulit, peremajaan serta memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.
Vitamin C banyak terkandung dalam : Jeruk, berry, pir, apel, kiwi.
9.       Vitamin D dan E
Vitamin D sangat berguna untuk perkembangan tulang anak serta mencegah penyakit berkembang dalam tubuh anak, kekurangan vitamin D akan menyebabkan daya ingat anak berkurang serta akan menyebabkan munculnya penyakit kronis seperti jantung dan kanker, sedangkan Vitamin E merupakan zat pembentuk sel darah merah serta penangkal penyakit dalam tubuh anak serta mencegah kerusakan jaringan sel-sel dalam tubuh.
Vitamin D banyak terkandung dalam : Sinar matahari langsung, kedelai, tahu, jamur dan kuning telur.
Vitamin E banyak terkandung dalam : sayur-sayuran, kacang tanah, alpukat, oat.
10.    Kolin
Kolin sangat baik dan sangat dibutuhkan untuk menjaga organ-organ vital pada anak, kolin berfungsi untuk melindungi hati, jantung serta menjaga kesehatan otak anak.
Kolin banya terkandung dalam : Telur, terutama kunig telur.

Adapun 10 Jenis makanan di atas sangat baik untuk pertumbuhan anak, olehnya sangat di sarankan para orang tua melengkapi ke 10 jenis makanan di atas sebagai makanan sehari-hari untuk melengkapi asupan gizi anak.
Semoga Bermanfaat,..

8 comments:

  1. Kalau anak susah buang air besar (bab) cocoknya makan apa biar lancar lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak susah buang air besar saya sarankan banyak makan pisang, pepaya, kacang-kacangan, mangga masak, akan memperlancar bab anak,.

      Delete
  2. Trims info dan artikelnya, sebagai orang tua kita mesti berusaha memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan si buah hati

    ReplyDelete
  3. kalau anak kulitnya kering padahal sudah makan sayur buah dan makanya banyak, itu bagaimana cara menanganinya? sudah ganti2 sabun termasuk sabun bayi, apa ada sayuran kusus yg harus dikonsumsi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ana, penyebab kulit kering pada anak bukan hanya dari makanan atau sabun mandi yang digunakan tetapi banyak hal yang dapat menyebabkan keringnya kulit anak. Sebelumnya mesti diketahui terlebih dahulu penyebab keringnya kulit anak, apakah pengaruh Ac, mandi terlalu lama, menjemur pada sinar matahari terlalu lama, kandungan garam atau klorin pada air mandi anak, penggunaan lotion dan farfum serta lain-lain, setelah anda mengetahui penyebabnya maka anda akan mengetahui solusinya.

      Delete
  4. Speechless,anak aku divonis malnutrisi,

    ReplyDelete
  5. makasih kak, bisa dicobani untuk keponakan saya :D

    My Blog

    ReplyDelete