Saturday, February 01, 2014

TIPS MERAWAT ANAK BALITA DAN BATITA




Merawat Anak Balita dan Batita

Sumber : dokumentasi tunas bumi
Usia anak di bawah lima tahun atau tiga tahun sangat membutuhkan perhatian ekstra dimana anak
mulai aktif untuk lebih mengenal lingkungannya. Anak pada usia ini mengalami perkembangan motorik dengan daya ingat yang tinggi. Oleh karenanya kadang para orang tua kewalahan dalam mengawasi anak-anaknya.
Di bawah ini saya memberikan sedikit masukan mengenai tips merawat anak di bawah lima tahun atau tiga tahun :

1.      Anak yang hiper aktif
Pada kondisi ini anak mengalami perkembangan fisik dan mental yang senantiasa mengajak orang tua untuk bermain setiap saat, melibatkan orang tua pada setiap permainan yang ia sukai. Oleh nya, agar para orang tua tidak terlalu kewalahan dalam menghadapi anak hendaknya melalukan hal-hal dibawah ini :
-          Menyiapkan tempat khusus untuk bermain di dalam rumah dengan memperhatikan tingkat keamanan dan kebersihan tempat tersebut, seperti tempat untuk lompat-lompat, jungkir balik dll.
-          Memberikan permainan yang bisa berpengaruh terhadap fisik dan mental serta mengasah perkembangan otak anak, seperti permainan bola, menangkap bola, menendang bola, mandi bola dan lain-lain.
-          Usahakan jangan memperlihatkan tontonan berbau kekerasan karena akan berdampak pada cara bermainnya sehari-hari.

2.      Anak yang gemar main gadget
Anak pada usia satu dan dua tahun, sudah bisa mengenal gadget, dan cenderung menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap warna dan gambar-gambar pada gadget. Namun,  penggunaan gadget pada batita dan balita akan mempengaruhi perkembangan motorik pada anak, yang cenderung malas untuk beraktifitas, dan akan mempengaruhi kondisi mata dan tulang punggung dan leher anak. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya jangan terlalu membiarkan anak untuk bermain gadget berlama-lama.

3.      Mengatasi anak yang sering pipis (kencing) di tempat tidur
Anak yang sering kencing ditempat tidur harus diberikan perlakuan khusus, seperti melatih anak untuk pipis di kamar mandi, sering mengingatkan dan menunjukkan tempat untuk buang air.
Pada malam hari, ketika anak sedang tidur, orang tua harus segera merespon bila mana anak bergerak ke kiri dan ke kanan sebagai tanda mengalami ketidaknyamanan, hal ini menandakan adanya dorongan untuk buang air, olehnya orang tua harus segera membawa anak ke kamar mandi untuk kencing. Hal ini akan memberikan ingatan dan kebiasaan kepada anak untuk kencing di kamar mandi. Namun pada umumnya, pada malam hari orang tua memasangkan pampers karena malas bangun.
        
4.      Mengatasi Batuk pada anak
Kadang pada malam hari ketika anak sedang tidur, tiba-tiba mengalami batuk yang lama, hal ini disebabkan akibat tersedak susu atau akibat konsumsi makanan yang salah. Seperti makan kacang-kacangan yang banyak atau makanan yang berlemak seperti daging yang meninggalkan lendir ditenggorokan anak. Olehnya, para orang tua harus segera memberikan minuman air putih dan mengusapkan minyak angin atau minyak telon pada punggung dan dada anak, kemudian memijat-mijat bagian leher anak serta mengusapkan juga pada bagian ubun-ubun anak.

Demikian beberapa tips merawat anak balita dan batita ini, semoga bermanfaat bagi para orang tua dan anaknya.

2 comments:

  1. Tipsnya sangat membantu, cara mengatasi batuk anak yang disarankan sangat efektif.
    Makasih yaa..

    ReplyDelete